Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pentingnya Konsep Light Layering dalam Desain Pencahayaan

Pencahayaan merupakan salah satu elemen penting dalam desain ruang, baik itu untuk rumah, kantor, atau tempat umum lainnya. Desain pencahayaan yang baik akan memberikan kenyamanan, estetika dan juga memiliki dampak besar pada kinerja sehari-hari. Salah satu konsep yang kini semakin diakui keberhasilannya dalam menciptakan pencahayaan yang efektif adalah konsep light layering atau penumpukan lapisan pencahayaan.

Pentingnya-Konsep-Light-Layering-dalam-Desain-Pencahayaan-Spectrue-2

Definisi Konsep Light Layering

Konsep light layering adalah pendekatan dalam desain pencahayaan yang melibatkan penggunaan beberapa sumber cahaya dengan intensitas, warna, dan arah yang berbeda untuk menciptakan berbagai lapisan pencahayaan di suatu ruang. Tujuannya adalah menciptakan nuansa yang beragam, mengatasi bayangan yang tidak diinginkan, dan memberikan fleksibilitas dalam mengatur pencahayaan sesuai kebutuhan.

Baca Juga: 7 Keunggulan Lampu LED dalam Pencahayaan Jembatan

Warna Cahaya Light Layering

Pertimbangan warna cahaya sangat penting dalam light layering. Cahaya dengan suhu warna yang lebih rendah cenderung menciptakan suasana yang hangat dan nyaman, sementara cahaya dengan suhu warna yang lebih tinggi memberikan kesan yang lebih terang dan energik. Pemilihan warna cahaya juga dapat menyesuaikan dengan fungsinya, Anda mungkin juga menginginkannya sebagai dekorasi atau hanya penambah suasana.

Teknologi Pintar (Smart Lighting)

Integrasi teknologi pintar dalam konsep light layering memungkinkan pengguna untuk mengendalikan pencahayaan secara otomatis atau jarak jauh melalui perangkat pintar. Anda dapat memprogram sistem ini untuk mengikuti jadwal, merespons perubahan cahaya alami, atau bahkan mengintegrasikannya dengan sistem rumah pintar.

Desain Ruang Terbuka (Open Space)

Dalam ruang terbuka, seperti ruang tamu yang terhubung dengan dapur, penggunaan light layering juga memungkinkan untuk membedakan zona-zona tertentu dalam ruangan tanpa memerlukan partisi fisik. Penempatan yang strategis dari lapisan pencahayaan dapat membantu membagi ruangan secara visual.

Berbagai Jenis Lapisan Pencahayaan

Konsep light layering melibatkan penggunaan beberapa jenis lapisan pencahayaan, antara lain:

1. Lapisan Umum (General Lighting)

Lapisan ini memberikan pencahayaan keseluruhan di suatu ruang dan seringkali berasal dari sumber cahaya utama, seperti lampu langit-langit atau lampu sorot.  Jika Anda memilih lampu umum, Anda bisa mengatur intensitasnya memungkinkan penggunaan berbagai tingkat kecerahan.

2. Lapisan Tugas (Task Lighting)

Lapisan ini memfokuskan pada area kerja atau kegiatan tertentu, seperti meja kerja, dapur, atau area membaca. Contoh dari lapisan ini mencakup lampu meja, lampu baca, atau spotlight. Penting untuk menempatkannya di tempat yang tepat untuk menghindari bayangan yang mengganggu. Memilih lampu yang memungkinkan penyesuaian sudut pencahayaan memberikan fleksibilitas dalam menciptakan atmosfer yang sesuai dengan kebutuhan ruangan.

Baca Juga: Lampu Dekoratif: Tren, Fungsi, Inspirasi, dan Jenisnya

3. Lapisan Akentuasi (Accent Lighting)

Lapisan ini juga berfungsi menyoroti objek-objek khusus atau menciptakan sorotan pada elemen dekoratif. Contoh termasuk lampu sorot untuk lukisan, patung atau hiasan dinding. Tempatkan di bawah objek untuk menciptakan efek sorotan dari bawah ke atas. Pilihlah lampu dengan suhu warna yang sesuai untuk mencocokkan suasana ruangan.

Keuntungan Konsep Light Layering

Fleksibilitas: Konsep light layering memberikan fleksibilitas dalam mengatur pencahayaan sesuai dengan kebutuhan dan suasana yang diinginkan. Setiap lapisan dapat diatur secara terpisah untuk menciptakan nuansa yang berbeda.

Mengurangi Bayangan dan Siluet: Dengan menggunakan berbagai arah pencahayaan, konsep ini juga dapat membantu mengurangi bayangan yang tidak diinginkan dan menciptakan siluet yang estetis.

Meningkatkan Estetika: Penggunaan lapisan pencahayaan yang berbeda dapat meningkatkan estetika ruang, menciptakan nuansa yang menarik dan atmosfer yang sesuai dengan fungsi ruang tersebut.

Kesejahteraan Penghuni: Pencahayaan yang baik memiliki dampak positif pada kesejahteraan penghuni ruang. Konsep light layering juga membantu menciptakan pencahayaan yang seimbang dan nyaman bagi mata.

Penerapan Konsep Light Layering dalam Desain Interior

Perencanaan Awal: Konsep ini sebaiknya dimasukkan dalam perencanaan awal desain interior. Ini melibatkan pemilihan sumber cahaya yang sesuai dan penempatan yang strategis.

Penggunaan Teknologi: Teknologi terkini, seperti sistem pencahayaan pintar atau lampu LED yang dapat diatur intensitasnya, dapat sangat mendukung penerapan konsep light layering.

Baca Juga: Lampu Dekorasi: Pengertian, Fungsi, Jenis, dan Pengaplikasiannya

Konsultasi dengan Profesional: Konsultasi dengan desainer pencahayaan profesional juga dapat membantu dalam merancang sistem pencahayaan yang optimal sesuai dengan kebutuhan dan gaya desain.

Konsultasi dengan Desainer Pencahayaan

Menggandeng desainer pencahayaan profesional dapat memberikan keuntungan tambahan. Mereka juga dapat membantu merancang sistem pencahayaan yang sesuai dengan karakteristik unik ruangan dan memberikan saran berdasarkan tren terkini dalam desain pencahayaan.

Baca Juga: Landscape Lighting Philips: Jenis, Tipe, Fungsi, dan Penerapannya

Kesimpulan

Konsep light layering merupakan pendekatan yang efektif dalam desain pencahayaan, memberikan fleksibilitas dan mengurangi bayangan yang tidak diinginkan. Selain itu konsep ini juga meningkatkan estetika, dan memberikan kenyamanan penghuni ruang. Dengan perencanaan yang baik dan penerapan teknologi terkini, konsep ini dapat menjadi aspek penting dalam menciptakan ruang yang nyaman dan berfungsi secara optimal. Anda bisa berkunjung ke website kami untuk melihat artikel lainnya. Ingin tahu informasi selanjutnya? Yuk hubungi sales advisor kami sekarang juga.

About Us

Spectrue di bawah PT Dhia Adika Utama adalah perusahaan kontraktor yang bergerak di bidang lighting supplier & integrator.

Contact Us

Jl. Rukan Sentra Komersil 2 No. 23 Grand Galaxy City, Bekasi Selatan, Kota Bekasi — Jawa Barat 17147

Newsletter

© 2023 Spectrue. Manage by Qlausa. All Rights Reserved.